Kelas X
MATA PELAJARAN : SCIENCE
GURU PENGAMPU : NURUL UMI HANIK, S.Pd.Si
A. Pilihlah
jawaban dibawah ini dengan memberikan tanda (●) pada A, B, C, D, atau E !
1.
Diantara
individu sejenis tidak pernah ditemukan individu yang sama persis untuk semua
sifat. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan ….
A. Gen
B. Induk
C. Jenis
D. Lingkungan
E. Lingkungan dan gen
2.
Hutan
bakau di Kalimantan, hutan hujan tropis di Jawa barat dan savana di Papua
merupakan contoh keanekaragaman tingkat ….
A. Gen
B. Jenis
C. Ekosistem
D. Populasi
E. Individu
3.
Keanekaragaman
warna rambut pada kucing rumah adalah contoh keanekaragaman tingkat ….
A. Gen
B. Jenis
C. Ekosistem
D. Populasi
E. Individu
4.
Dua
makhluk hidup dapat disebut satu spesies apabila ….
A. Tinggal ditempat yang sama dan
memiliki warna kulit yang sama
B. Warna dan bentuk rambutnya sama
C. Jenis makanan dan cara makannya sama
D. Cara reproduksi dan jumlah anaknya
sama
E. Jika kawin dapat menghasilkan
keturunan yang fertile (subur)
5.
Penyebab
utama Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi adalah ….
A. Terletak di antara 2 benua dan 2
samudra
B. Memiliki flora dan fauna yang mirip
dengan oriental dan Australia
C. Memiliki iklim tropis dengan curah
hujan yang cukup tinggi
D. Merupakan tempat yang dilalui migrasi
hewan-hewan
E. Merupakan daerah kepulauan yang telah
terpisah dari daratan benua asia
6.
Urutan takson dalam klasifikasi
hewan dari takson yang terkecil hingga ke takson yang terbesar adalah ….
A. Species-genus-familia-ordo-classis-phyllum
B. Species-ordo-genus-familia-classis-phyllum
C. Species-familia-genus-ordo-classis-phyllum
D. Classis-phyllum-ordo-familia-genus-species
E. Classis-phyllum-familia-ordo-genus-species
7.
Tujuan
klasifikasi makhluk hidup adalah untuk ….
A. Menyederhanakan objek studi
B. Melestarikan jenis makhluk hidup
C. Memberi nama ilmiah untuk setiap
makhluk hidup
D. Menemukan ciri setiap makhluk hidup
E. Menentukan persamaan setiap makhluk
hidup
8.
Makhluk
hidup berikut yang bermanfaat sebagai bahan pangan adalah ….
A. Plasmodium
B. Fasciola
hepatica
C. Salmonella
typhi
D. Volvariella
volvaceae
E. Amanita
pantherina
9.
Difa
adalah seorang ahli ekologi. Manfaat taksonomi bagi Difa adalah ….
A. Menemukan adanya spesies baru
B. Mempelajari deversivikasi makhluk
hidup yang ada
C. Dapat memperkirakan tentang nenek
moyang makhluk hidup tertentu
D. Mencocokan pasangan hybrid agar dapat
disilahkan dengan makhluk hidup lain
E. Menemukan adanya senyawa anti bodi
berciri khusus pada suatu makhluk hidup
10. Jika
kamu seorang ahli klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki ciri-ciri,
termasuk organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, memperoleh
makanan dengan menyerapnya dari lingkungan, terdiri dari sel eukariotik dan
memiliki dinding sel. Ke dalam kingdom manakah kamu akan mengklasifikasikan
organisme tersebut?
A. Kingdom
fungi
B. Kingdom
monera
C. Kingdom
protista
D. Kingdom
plantae
E. Kingdom
animalia
11. Tanaman
kapri (Pisum sativum) yang digunakan
oleh Mendel untuk percobaan genetika, termasuk satu familia dengan ….
A. Kedelai
(Soja max)
B. Nanas
(Ananas sativus)
C. Semangka
(Citrullus vulgaris)
D. Mentimun
(Cucumis comosus)
E. Bawang
putih (Allium sativum)
12. Euglena
kurang cocok jika hanya dimasukkan dalam animalia, karena Euglena juga memiliki
ciri yang dimiliki oleh Plante, yaitu ….
A. Selalu
bergerak
B. Cara
hidup berkoloni
C. Bersifat
tidak bergerak
D. Cara
maknnya autotrof
E. Cara
makannya heterotrof
13. Semakin dekat hubungan kekerabatan
makhluk hidup, semakin banyak ….
A. Keragamannya
B. Perbedaan sifat
C. Persamaan sifat
D. Keunikan persamaannya
E. Perbedaan dan persamaannya
14. Jenis makhluk hidup yang menyerupai
tumbuhan dan hewan, tetapi bukan tumbuhan dan bukan hewan disebut ….
A. Fungi
B. Plante
C. Monera
D. Protista
E. Animalia
15. Salah satu keanekaragaman hayati dalam
bidang ekonomi adalah ….
A. Menambah penghasilan nelayan
B. Menambah wisatawan yang berkunjung
C. Semakin beragamnya ilmu pengetahuan
D. Sebagai sumber inspirasi bagi para
seniman
E. Menciptakan pola mata pencaharian yang
berbeda antar masyarakat
16. Kambing merupakan hewan berkaki empat,
sedangkan itik merupakan hewan berkaki dua. Pengklasifikasian di atas
didasarkan pada ….
A. Manfaat bagi manusia
B. Ciri-ciri tertentu
C. Struktur tubuh
D. Cara berjalan
E. Jumlah kaki
17. Berikut ini yang merupakan tujuan
dibuatnya laporan ilmiah adalah, ….
A. Untuk mendapatkan nilai
B. Untuk melatih daya analisis
C. Untuk melatih membuat laporan
D. Untuk memahami hasil penelitian
E. Untuk mengarsipkan penelitian yang
telah dilakukan secara terperinci dan teratur
18. Berikut ini yang merupakan tujuan dari
pengolahan dan penganalisisan data yaitu ….
A. Untuk menambah wawasan
B. Untuk menambah pekerjaan
C. Untuk melengkapi tahapan metode ilmiah
D. Untuk mengetahui tingkat keakuratan
hasil penelitian
E. Untuk manipulasi data percobaan agar
benar dan akurat sesuai dasar teori
19. Hal yang paling tepat dilakukan jika
kita ingin mengetahui jawaban dari suatu kejadian alam yaitu ….
A. Kerja ilmiah
B. Membaca buku
C. Menonton televisi
D. Melihat kejadian tersebut
E. Bertanya kepada orang lain
20. Agar proses penelitian lebih fokus dan
terarah sejalan dengan tujuan penelitian maka fungsi dari dibuatnya tahapan
metode ilmiah berupa ….
A. Perumusan tujuan
B. Membuat kesimpulan
C. Perumusan hipotesis
D. Pengolahan dan analisis data
E. Penyusunan prosedur penelitian
21. Berikut ini yang bukan tahapan metode ilmiah adalah ….
A. Pengumpulan data
B. Perumusan masalah
C. Menentukan variable
D. Menyusun dasar teori
23. Qiqa mengamati sebuah tumbuhan
kemudian mendeskripsikannya, yaitu semak berdaun majemuk dengan tepi daun
bergerigi. Hasil pengamatan qiqa di atas disebut ….
A.
Data
kualitatif
B.
Data
kuantitatif
C.
Hipotesis
D.
Inferensi
E.
teori
24. Salah
satu contoh dalam mengumunikasikan hasil melalui tulisan , yaitu …..
A. Presentasi
B. Diskusi
C. Makalah
D. Seminar
E. Debat
25. Perhatikan
langkah –langkah metode ilmiah berikut :
1. Perumusan masalah
2. Menyusun kerangka berpikir
3. Perumusan hipotesis
4. Penarikan kesimpulan
5. Pengujian hipotesis
Langkah –langkah metode ilmiah yang
benar adalah …..
A. 1
- 2 - 3 - 4 - 5
B. 1
- 5 - 4 - 3 - 2
C. 1
- 2 - 5 - 4 - 3
D. 1
- 2 - 3 - 5 - 4
E. 1
- 4 - 2 - 3 - 5
26. Salah
satu peran pemerintah dalam menjaga keanekaragaman hayati adalah ….
A. Memperbolehkan
pemburuan asalkan membayar
B. Menjadikan
daerah pesisir pantai sebagai tempat wisata
C. Memberi
izin kepada warga untuk memelihara hewan langka
D. Memberikan sanksi hukum dengan membuat undang undang
E. Memberi
izin kepada pihak asing untuk mengelola suatu wilayah.
27. Berikut
ini yang bukan merupakan manfaat
fungi dalam kehidupan adalah ….
A. Fungi
berperan sebagai bahan pangan
B. Fungi
berperan dalam pembuatan makanan dan minuman
C. Fungi
berperan sebagai pengurai dan simbion dalam ekosistem
D. Fungi
berperan sebagai bahan obat-obatan dan penghasil antibiotik
E. Fungi
berperan menimbulkan berbagai penyakit bagi tumbuhan, hewan atau manusia
28. Jamur
merang yang sering kita konsumsi termasuk dalam devisi ….
A. Ascomycota
B. Basidiomycota
C. Deuteromycota
D. Zygomycota
E. Oomycota
29. Keanekaragaman
spesies dipengaruhi oleh ….
A. Gen
dan lingkungan
B. Tingkah
laku dan gen
C. Gen dan faktor abiotik
D. Faktor
abiotik dan biotic
E. Gen
dan makanan
30. Contoh upaya pelestarian keanekaragaman hayati
di Indonesia secara ex situ yaitu...
A. Pendirian
Taman Nasional Baluran
B. Penangkaran harimau di kebun binatang
C. Perlindungan
Taman Laut Bunaken
D. Perlindungan
komodo di Pulau Komodo
E. Perlindungan
bunga Rafflesia arnoldi di Bengkulu
B. Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Klasifikasi makhluk hidup adalah
pengelompokan berdasarkan kesamaan bentuk dan fungsi makhluk hidup. Sebutkan
manfaat dari klasifikasi makhluk hidup! (skor 4)
2. Jamur merupakan kelompok makhluk hidup
eukariotik yang memiliki dinding sel dan tidak berklorofil sehingga tidak dapat
melakukan fotosintesis. Jika kamu pernah memerhatikan jamur yang tumbuh pada
roti berarti kamu melihat hifa jamur tersebut. Hifa berfungsi menyerap nutrisi
dari substrat tempat jamur tersebut tumbuh. Hifa-hifa jamur akan bercabang dan
membentuk jalinan yang disebut miselium. Pada beberapa jamur, miselium akan
tumbuh ke atas membentuk badan buah. Badan buah inilah yang biasanya dimakan
manusia. Berikan 4 contoh jamur dan peranannya bagi kehidupan manusia! (skor 4)
3. Penelitian dilakukan untuk menjawab
pertanyan-pertanyan dan rasa ingin tahu manusia terhadap suatu kejadianatau
gejala alam tertentu. Ilmu pengetahuan terus berkembang karena para ilmuwan tak
berhenti mencari tahu dan meneliti mengenai gejala-gejala alam yang terjadi.
Apakah yang dimaksud dengan metode ilmiah dan bagaimana penerapannya dalam
penelitian?(skor 4)
4. Keanekaragaman hayati yang dimiliki
oleh Indonseia memberi banyak manfaat bagi kehidupan. Sebutkan manfaat-manfaat
keanekaragaman hayati bagi makhluk hidup! (skor 4)
5. Archaebactirea dan Eubacteria
merupakan kelompok makhluk hidup berukuran mikroskopik, bersel satu, dan tidak
memiliki membran inti. Meskipun berukuran mikroskopik, kelompok makhluk hidup
ini memiliki banyak peranan penting dalam kehidupan manusia dan makhluk lain.
Kamu mungkin lebih mengenal makhluk hidup prokariot dengan sebutan bakteri.
Sebutkan jenis bakteri dan hasilnya yang dapat digunakan oleh manusia! (skor 4)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar